Doclang Kuliner Khas Bogor yang Mulai Langka

Doclang Kuliner Khas Bogor yang Mulai Langka

Kota Bogor yang dikenal dengan kota hujan itu memiliki cukup kuliner tradisional yang sangat khas. Sebut saja toge goreng, soto mie Bogor, gemblong, doclang, dan masih banyak lagi. Nah, dari yang td disebutin kira2 pada tau ga?ato jangan2 sudah pada pernah nyobain semua ya?:D .hehehehe.

Memang kota Bogor saat ini tengah digempur dengan konsep sajian kuliner yang kekinian, jadi mirip2 kota Bandung 😀 . Sebut saja kedai kopi yang menjamur, lalu resto2 yang instgrammable dengan konsep tempat makan yang nyaman buat nongki2 :D.

Nah, buat kalian para pemburu kuliner khas Bogor, maka disarankan salah satu kuliner khas Bogor yang bernama Doclang. Hmm.. namanya lucu yah, krn rata2 kuliner itu ya nama makanannya, sebut saja sotomie, toge goreng, dsb. Nah, nama doclang ini mirip dengan nama gemblong dan ketoprak, yang mana kalian ga akan tau makanan ato kuliner apakah itu, sebelum kalian melihat ato mencobanya langsung.

Nah, doclang ini adalah kuliner khas Bogor yang menggunakan saos (bumbu) kacang yang disiramkan kedalam campuran lontong (kupat), tahu kuning, kentang, dan telur rebus. Hehehe, penasaran kan?. Klo saya bilang sih mirip dengan kupat tahu yaah. Saya bilang gtu krn dl sewaktu kuliah di Bandung sering banget sarapan kupat tahu.

Nah, bumbu kacang dari doclang ini juga khas, krn cukup kental, sehingga tekstur kacang tanahnya tidak terlalu terasa. Jadi mirip dengan bumbu kacangnya gado-gado Surabaya, bumbu kacang yang cukup kental. Oia, doclang ini dulu lebih sering dijajakan keliling oleh pedagangnya, tentunya dengan model menggunakan pikulan. Sampai saat ini masih ada yang menggunakan model seperti ini, meskipun di Bogor sendiri sudah sangat jarang ditemukan, karena rata2 penjual doclang sekarang sudah menggunakan lokasi berjualan yang permanen, sebut saja di pasar tradisional, lalu di kaki lima, dsb.

Sedangkan penjual Doclang di Bogor yang sudah sangat terkenal dan legendaris adalah Doclang 405 yang berlokasi di sebelah toko Terang Jembatan Merah kota Bogor. Adalagi yang Doclang enak dan cukup rame adalah Doclang Purbasari yang berlokasi di lantai 2 pasar tradisional Gunung Batu kota Bogor. Saya sudah mencoba semuanya, klo dari selera, saya lebih suka Doclang Purbasari krn tekstur bumbu kacangnya lebih halus, ini bukan berarti Doclang 405 tidak enak ya 🙂 . Saya jg sangat suka dengan Doclang 405 apalagi klo kangen tekstur bumbu kacang yang lebih terasa rasa kacangnya.

Oh iya ini ada beberapa foto2 Doclang Purbasari favorit kami sekeluarga, kupat Doclang Purbasari ini juga sangat khas, salah satunya dari daun pembungkus kupatnya, yaitu daun Patat yang memiliki nama latin Phrynium capitatum. Daun patat ini sudah cukup lama dipakai sebagai pembungkus lontong dikalangan masyarakat Bogor. Lontong yang dibungkus oleh daun patat ini memang terlihat lebih halus dibandingkan dengan lontong yang dibungkus oleh daun pisang.

 

Lezat sekali loh doclang ini, yuk kita lihat perburuan doclang Purbasari oleh TrixLaksono di video berikut ini :

Yuk weekend ini klo kalian lagi liburan ke Bogor, burulah Doclang sampe dapet yaa,,, insya ALLAH kuliner tradisional khas Bogor ini ga akan mengecewakan kalian 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *